Pendaftaran Calon Santri dan Masa Orientasi

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi saat pendaftaran adalah sebagai berikut :

  1. Membayar uang pendaftaran  sesuai ketentuan
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan fotocopy Ijazah SMA sederajat, fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan pas Foto 2×3 2 lembar
  3. Mengisi Surat Pernyataan yang telah disediakan oleh panitia

Waktu Pendaftaran

Madrasah Diniyah Pesantren Mahasiswa An Najah menerima pendaftaran calon santri baru setahun sekali pada awal Tahun Dirosah dengan menyesuaikan kalender akademik Perguruan Tinggi di daerah Purwokerto.

Biaya Administrasi dan Kegiatan Kesantrian

  • Infaq pembangunan Pesantren
  • Syahriyah
  • Matrikulasi bagi Mahasiswa IAIN Purwokerto yang belum lulus ujian kompetensi BTA PPI
  • Seragam almamater dan Kartu Tanda Santri
  • Tabungan Rihlah Ilmiah
  • Membeli kitab materi ngaji
  • Iuran anggota Pramuka
  • Iuran Perayaan Hari Besar Islam (PHBI)

Orientasi Santri Baru

Masa orientasi santri baru yang dilaksanakan di Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto disebut dengan OPKIS (Orientasi Pesantren  dan Kajian Islam).Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Semua santri baru wajib mengikut OPKIS yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran Madrasah Diniyyah dibuka.
  2. OPKIS ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik mengenai Pesantren terkait dengan sistem pembelajaran sampai pada sistem evaluasi yang berlaku.

Materi orientasi meliputi:

  1. Pengenalan mengenai struktur personalia yang ada di Pesantren Mahasiswa An Najah baik Pengurus Pesantren, Pengurus Madrasah Diniyyah, OSMA dan Pengurus di masing-masing komplek.
  2. Pengenalan tradisi pesantren khususnya Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto
  3. Pengenalan Organisasi Santri Mahasiswa, badan usaha dan badan otonom  yang ada di Pesantren Mahasiswa An Najah meliputi: Pondok Pena, Luthfunnajah, AArJEC (An Najah Arabic Javanese English Comunity), NH Perkasya, AEC (An Najah Enterpreneur Club), Koperasi, ABS (An Najah Book Store) dan Pramuka.
  4. Kajian integratif dan motivasi bagi santri.

Placement test

Placement test merupakan ujian yang dilaksanakan oleh semua santri baru Mardasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto untuk menentukan kelas sesuai dengan kemampuan santri. Ujian tersebut meliputi: BTA-PPI dan ilmu alat. Setelah santri mengikuti placement test  maka akan diketahui apakah santri tersebut masuk kelas Idad, 1, 2, 3, atau 4.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *