An Najah Kreatif

An Najah Kreatif

Visi

“Menjadi arena untuk mengembangkan kreatifitas anak bangsa”

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  2. Mengembangkan potensi bakat, kreatifitas, dam ketrampilan.
  3. Mengamalkan kebiasaan berperilaku sopan, disiplin, bertanggung jawab, dan berwawasan lingkungan.
  4. Menjalin kerja sama dalm pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan orang tua dan masyarakat.

Profil Singkat

An Najah Kreatif merupakan sebuah lembaga non-formal yang didirikan oleh PESMA An Najah pada bulan April tahun 2014 dan sebagai sasaran dari lembaga ini adalah anak-anak. Lembaga tersebut bergerak pada bidang kreatifitas. Lembaga ini muncul dari inovasi Dr. K.H. Mohammad Roqib, M.Ag. (Pengasuh PESMA An Najah sekaligus Rektor di IAIN Purwokerto), setelah beliau melakukan analisis terhadap suatu lembaga kretifitas yang lain. Kemudian beliau bertekad untuk mendirikan secara personal lembaga kreatifitas sebagai perwujudan kepedulian beliau terhadap anak-anak dan bangsa sekaligus sebagai wujud dari pengabdian pesantren terhadap masyarakat.

An Najah Kreatif merupakan lembaga yang berada pada naungan Yayasan pesantren, sehingga strategi dalam pengajarannya anak-anak juga diberikan bekal pengetahuan agama. An Najah Kreatif mewajibkan semua anak-anak untuk menggunakan pakaian muslim dan selalu dibiasakan sholat ashar berjamaah. Pendekatan seperti inilah yang dilakukan di An Najah Kreatif sehingga menghasilkan anak-anak kreatif dan agamis.

Ruang gerak An Najah Kreatif atau yang sering disingkat dengan “NK” adalah bebas. Artinya NK bergerak diluar dan didalam kelas sehingga tidak menimbulkan stagnasi bagi anak. Selain itu anak lebih mampu membaca dan peduli kepada alam sekaligus mampu memanfaatkan kekayaan alam untuk berkreatif. Adapun kegiatan yang dilakukan didalam kelas antara lain ketika anak-anak menggambar dan mewarnai. Pada intinya kegiatan yang dilakukan di dalam kelas adalah kegiatan yang membutuhkan media pembelajaran berupa alat yang memang mendukung terlaksananya kegiatan.

Terlaksana atau tidaknya kegiatan di dalam An Najah Kreatif tidak terlepas dari peran para tutor atau pengajar. Tutor NK adalah para santri PESMA An Najah yang sebagian besar merupakan mahasiswa S1 IAIN Purwokerto program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan prodi lain yang dengan sukarela mengamalkan ilmu dan tenaganya demi kemajuan dan keberlangsung An Najah Kreatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *