Madrasah Diniyyah

Madrasah Diniyyah merupakan institusi yang secara khusus menangani proses pendidikan di pesantren. Ruang lingkup Madrasah Diniyyah mencakup kurikulum, membuat jadwal kelas, dan berkomunikasi dengan dewan asaatidz.

Struktur kurikulum yang diterapkan di Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah meliputi kurikulum yang bersifat salaf dan khalaf, artinya bukan hanya mengkaji kitab klasik atau kitab kuning dan Al-Qur’an namun juga  terdapat kajian integratif  untuk menambah wawasan keilmuan santri.

Selain itu Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah juga mengembangkan keterampilan santri melalui berbagai OSMA (Organisasi Santri Mahasiswa), Badan Usaha dan Badan Otonom seperti: Pondok Pena, Luthfunnajah, AArJEC (An Najah Arabic Javanese English Comunity), NH Perkasya, AEC (An Najah Enterpreneur Club), Koperasi, ABS (An Najah Book Store) dan Pramuka.

Materi yang dikaji di Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah terdiri dari mata kajian perkelas dan mata kajian umum yang dilaksanakan setiap sore.

Mata kajian perkelas ini dilaksanakan pada waktu ba’da subuh dan dan ba’da isya, namun untuk tashih al-Qur’an dilaksanakan ba’da maghrib.

Selain wajib mempelajari mata kajian keagamaan dengan rutin, santri Pesantren Mahasiswa An Najah  juga wajib mengkuti beberapa diklat yang dilaksananakan seperti Diklat Perawatan Jenazah, Zakat dan Manasik Haji.

Diklat ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mengenai materi tersebut. Diklat dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada awal tahun Dirosah.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas. Pembelajaran bersifat teori dan praktek.

1.  Pembelajaran Teori

Pembelajaran teori ini  merupakan bentuk pembelajaran dengan menggunakan metode bandongan, sorogan dan diskusi untuk mengkaji kitab klasik/kitab kuning, tashih al Qur’an dan Kajian Integratif.

2. Pembelajaran Praktek

Pembelajaran tersebut meliputi praktek dari teori yang telah dikaji dan pengembangan keterampilan santri seperti BTA (Baca Tulis Al Qu’an), Fiqih Praktis, dan OSMA.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *