Pramuka

Pramuka

Visi

Mewujudkan pramuka yang berkarakter, religius, cerdas dan humanis.

Misi

  1. Mewujudkan pramuka yang berkarakter Tri Satya
  2. Membentuk generasi yang toleran dan inklusif.
  3. Mentradisikan berpikir cerdas, rasional, ilmiah dan gemar meneliti.
  4. Membentuk pemimpin yang bertanggungjawab pada diri sendiri, keluarga, agama, bangsa dan negara.

Profil Racana KH. A. Wahid Hasyim – Ny. Hj. Solihah Wahid

Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa indonesia. Disamping itu, sebagai sebuah organisasi pendidikan, Gerakan Pramuka perlu melakukan manajemen terhadap dirinya, baik sistem maupun komponennya. Sehingga, tercapai tujuannya secara optimal sebagaimana yang dikehendaki dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Lingkup kepramukaaan terkecil di satuan Pramuka Pandega diantaranya adalah Racana. Seluruh santri Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto merupakan anggota pramuka di tingkat Pandega yang tergabung dalam Racana KH. A. Wahid Hasyim – Ny. Hj. Solihah Wahid Gugusdepan Teritorial Banyumas 04.3531 – 04.3532.

Gugusdepan Teritorial Banyumas 04.3531 – 04.3532merupakan sebuah Gugusdepan yang berdiri pada tanggal 09 januari 2016, tanggal berdiri ini didasarkan pada tanggal disahkannya Gugusdepan oleh Kwarcab Banyumas. Gugusdepan ini merupakan satu-satunya Gugusdepan yang berdiri dibawah naungan yayasan pesantren langsung tanpa adanya lembaga pendidikan formal seperti yang kita ketahui selama ini.

Maka dari itu Gugusdepan ini merupakan Gugusdepan yang sangat mengedepankan pendidikan moral yang didasarkan pada ketentuan yang telah diatur oleh ajaran-ajaran agama-agama yang ada di Indonesia terutama Islam.

Dalam melaksanakan kegiatannya, Gudep ini bersinergi dengan beberapa lembaga atau organisasi santri mahasiswa yang telah ada di Pesantren Mahasiswa An Najah. Hal ini berdasarkan pemikiran bahwa seluruh santri adalah anggota Pramuka maka dari itu seluruh kegiatan santri baik kegiatan sehari-hari ataupun kegiatan yang bersifat terstruktur merupakan implementasi dari nilai-nilai dasar Gerakan Pramuka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *